Rabu, 12 Desember 2012

Permainan Elang Mengejar Anak Ayam


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pendidikan jasmani adalah suatu proses pendidikan seseorang sebagai anggota masyarakat yang dilakukan secara sistematik melalui kegiatan jasmani dalam rangka memperoleh peningkatan kemampuan dan keterampilan jasmani pertumbuhan,kecerdasan,dan pembentukan watak.Secara sederhana pendidikan jasmani ini akan memberikan kesempatan kepada kita untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan aktivitas jasmani,perkembangan estetika,dan perkembangan social.
Dengan adanya permainan ini dapat mengembangkan kestabilan dan pengendalian emosi yang sangat penting bagi keseimbangan mental. Disamping itu juga dapat mengembangkan kecepatan proses berfikir disebabkan karena di dalam permainan banyak sekali problema-problema yang harus dipecahkan secara cepat dan tepat.

B.     Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang di atas dapat diruskan masalah sebagai berikut :
1.      Apa itu permainan Elang Mengerjar Anak Ayam?
2.      Bagaimana langkah-langkah permainan Elang Mengejar anak ayam?
3.      Nilai-nilai apa yang bias di ambil dari pdermainan Elang Mengejar Anak Ayam ?
C.    Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.      Untuk mengetahui permainan Elang Mengejar Anak Ayam.
2.      Untuk mengetahui langkah-langkahpermainan Elang Mengejar Anak Ayam.
3.      Mengetahui nilai-nilai yang dapat di ambil dari permainan Elang Mengejar Anak Ayam.
4.      Untuk memenuhi syarat mengikuti Ujian Tengah Semester.
BAB II
PEMBAHASAN

A.    Nama Permainan
“Elang Mengejar anak Ayam”
B.     Ide Permainan Elang Mengejar Anak Ayam
Bermain dapat menyalurkan potensi-potensi yang ada pada diri, juga untuk melatih diri dalam hidup bermasyarakat. Dengan bermain dapat dikembangkan kestabilan dan pengendalian emosi yang sangat penting bagi keseimbangan mental. Disamping itu juga dapat mengembangkan kecepatan proses berfikir. Ini disebabkan karena di dalam permainan banyak sekali problema-problema yang harus dipecahkan secara cepat dan tepat.
Permainan Elang  mengejar anak ayam adalah permainan kecil yang tidak baku peraturanya,baik mengenai peraturan permainannya, ukuran lapangan, maupun lama permainannya.permainan ini merupakan permainan sederhana yang mana di dalam permainanya induk elang mengejar anak ayam sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan posisi sebagai induk ayam yang bertugas untuk melindungi anak-anak ayam yang berada di belakangnya.Di dalam permainan ini jumlah pemain tidak terbatas dan dapat dilansungkan dilapangan/halaman.
C.    Peserta/Pelaku
a.       Jumlah
Sesuai dengan sifatnya yang relative, maka permainan ini biasa dimainkan secara beramai-ramai. Namun minimal jumlah pesertanya adalah sepuluh sampai dua puluh orang.
b.      Usia
Jenis permainan yang biasa dimainkan oleh anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Usia minimal dari 7 tahun ke atas.


c.       Jenis Kelamin
Baik pria maupun wanita boleh ikut memainkan permainan ini, karena memang tidak ada larangan bagi siapa saja yang mau melakukan permainan ini.
D.    Peralatan/perlenkapan permainan
a.       Pemain
b.      Lapangan
E.     Waktu
10 Menit
F.     Langkah-Langkah/ Cara Bermain
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang sekiranya sama jumlahnya.Setiap kelompok menunjuk seseorang ada yang bertugas sebagai burung elang, dan seorangnya lagi menjadi induk ayam dan selebihnya menjadi anak ayam,yang dilakukan di dalam suatu lingkaran di tengah lapangan. Induk ayam dan anak ayam menjadi satu banjar dari depan ke belakang, dan induk ayam yang berada di depan merentangkan tangan untuk menghalau elang agar tidak bisa menyentuh anak ayam dibelakangnya di dalam lingkaran. Anak ayam berpegangan pada pinggul induk ayam agar tidak berpisah dari banjarnya.Dengan waktu permainanya 10 menit permainan.
Dengan aba-aba “siap!” pada burung Elang berusaha menangkap anak ayam sebanyak-banyaknya.Yang mana burung elang hanya bisa bergerak de tepi lingkaran dan tidak boleh keluar dari bundaran lingkaran tersebut sesuai dengan putaran lari induk ayam dan anak ayam. Burung elang hanya dapat menangkap anak ayam yang berada di ujung belakang.
Anak ayam yang berhasil disambar oleh elang diberi hukuman lari sambil melompat-lompat sebanyak 3 putaran di dalam lingkaran yang telah di sediakan tersebut. dan setelah itu anak ayam yang tersambar tersebut menggantikan elang untuk menjadi burung elang yang baru untuk menangkap anak ayam yang lain. Sebaliknya, elang yang berhasil menangkap anak ayam itu akan menjadi induk ayam dan begitu seterusnya sampai waktu permainan habis.


G.    Peraturan Dalam Permainan
Jika lawan keluar dari garis lingkaran maka permainan tersebut di anggap tidak sah,dan diulang kembali.
H.    Penentuan Kalah Dan Menang
Jika anak ayam di tangkap sesuai dengan aturan yang telah di tetapkan,maka elang di anggap menang,dan anak ayam di beri hukuman sesuai dengan aturan yang telah ada.

























I.       Skema Gambar dalam permainan
 









       I.            Elang berusaha mengejar anak ayam yang berada di paling ujung induknya.


 






    II.            Elang berhasil menangkap anak ayang yang berada di ujung belakang.

 










 III.            Anam ayam yang berhasil di tangkap berlari sambil melompat-lompat sebanyak 5 putaran.


 

                                  : Lingkaran


 

                                  : Burung Elang


 

                                  : Induk Ayam


 

: Anak Ayam

J.      Aspek/Nilai yang Terkandung Dalam Permainan

1.      Psikomotorik
Di dalam permainan ini melibatkan aktifitas fisik yang mampu meransang kemampuan jasmani serta sekaligus pembentukan penguasaan gerak dalam permainan tersebut.Dengan adanya aktifitas fisik tersebut bisa membuat sirkulasi darah dalam tubuh lancar terutama aliran darah ke otak dan bisa membuat konsentrasi pada otak.
2.      Kognitif
Di dalam permainan ini siswa meningkatkan kosentrasinya dalam berfikir untuk pemecahan masalah yang terdapat di dalam permainan tersebut.dimana seorang siswa bisa mengunakan penalaran dalam mencapai suatu tujuan yang telah di tetapkan dengan tidak membuang-buang waktu dalam pemecahan yang terdapat di dalam permainan tersebut.
3.      Afektif
Menciptakan kepribadian yang baik dan kukuh,tidak hanya dalam sikap kesiapan dalam menyelesaikan suatu masalah,tetapi juga penting untuk mengetahui tingkat emosional dan watak pada seorang siswa.dengan adanya permainan ini seorang siswa bisa mengendalikan dirinya  dan bisa memotifasi diri,ketekunan dan kemampuan untuk berempati.
K.    Manfaat permainan
1.      Meningkatkan peforma kerja otak
Mampu meningkatkan pasokan oksigen dalam tubuh,mempelancarkan sirkulasi darah dalam tubuh terutama aliran darah keotak.hal ini dipercaya bias meningkatkan kinerja otak lebih baik.





2.      Memperkuat ingatan
Olahraga dapat berfungsi memperkuat ingatan,dan ini tentunya dapat mencegah terserang penyakitketuaan,sebab di saat melakukan olahraga,darah dan oksigen terpompa ke bagian otak.

3.      Untuk meningkatkan kekuatan otot
      Dalam bermain anak akan berlari, meloncat, melompat, berjengket, mengangkat, mendorong dan menarik. Semua kegiatan ini tanpa disadarinya akan mempengaruhi otot-otot mereka akan lebih kuat.

4.      Untuk meningkatkan daya tahan otot setempat
Anak yang bermain terus menerus dalam waktu yang lama, merupakan kesempatan yang sangat baik untuk peningkatan daya tahan otot setempat.

5.      Untuk meningkatkan daya tahan kardiovaskuler
Anak yang bermain Elang mengejar anak ayam akan mengalami lari dan mondar mandir untuk melindungi anak ayam agar tidak disambar burung elang,dan bagi anak yang tersamabar maka akan bergantian dari anak ayam menjadi burung elang,dan begitu sebaliknya, dan terus menerus dilakukan berulang-ulang. Tanpa sengaja, anak berlatih secara interval. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi anak dalam peningkatan daya tahanya.

Hukuman bagi yang kalah :
Bagi anak ayam yang tertangkap akan menggantikan elang menjadi Burung Elang dan disuruh berlari sebanyak 3 keliling lingkaran sambil melompat-lompat.



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dengan bermain dapat dikembangkan kestabilan dan pengendalian emosi yang sangat penting bagi keseimbangan mental. Disamping itu juga dapat mengembangkan kecepatan proses berfikir. Ini disebabkan karena di dalam permainan banyak sekali problema-problema yang harus dipecahkan secara cepat dan tepat.
Permainan Elang  mengejar anak ayam merupakan permainan sederhana yang mana di dalam permainanya induk elang mengejar anak ayam sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan posisi sebagai induk ayam yang bertugas untuk melindungi anak-anak ayam yang berada di belakangnya.

B.     Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas,disarankan kepada setiap orang untuk melakukan olahraga apa saja,meskipun itu olahraga sederhana sekalipun,karena dengan berolahraga dapat membrikan keseimbangan mental dan mengembangkan kecepatan proses berfikir.












1 komentar:

  1. mengapa dalam permainan ayam dan elang sangat diperlukan kerja sama

    BalasHapus